Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

KAJIAN FILOSOFIS TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM

                    KAJIAN FILOSOFIS TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM

A.    Pendahuluan
Pendidikan Islam merupakan salah satu faktor penentu kemajuan sebuah Negara dalam hal ini Indonesia, dalam rangka menjadi sebuah penyeimbang hubungan antar lintas suku, ras, budaya dan agama. Kemajuan sebuah negara bisa dibuktikan dengan harmonisnya hubungan antara suku, ras, budaya dan agama dalam Negara tersebut, karena akan saling mengisi kekurangan satu dengan yang lainnya. Inilah salah satu faktor keunggulan pendidikan Islam, diajarkannya tentang pendidikan sosial keislaman, dimana anak didik diajarkannya tentang pentingnya bermasyarakat yang baik walaupun berbeda keyakinan, ras dan budaya, dan diajarkannya tentang pendidikan terhadap alam atau lingkungan yang menjadi ruang pendidikan itu berlangsung. Tahun 1950-an masyarakat Indonesia menikmati pendidikan dengan serba kerbatasan karena terhimpit proses politik negara yang sedang memanas, factor kemiskinan dan sebagainya. SR atau sekolah rakyat melangsungkan proses belajar mengajar di gedung-gedung bangunan lama peninggalan penjajah dengan segala kondisi yang ada, belum adanya alat tulis yang memadai dan sebagainya. Kegiatan belajar mengaji untuk umat muslim misalnya, diadakan di surau-surau atau rumah penduduk yang sangat tidak layak.

Salah satu sistem yang memungkinkan proses kependidikan Islam berlangsung secara konsisten dan berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuannya adalah institusi atau kelembagaan pendidikan Islam. Dari pernyataan ini dapat dipahami lingkungan Islam adalah sesuatu institusi atau lembaga di mana pendidikan itu berlangsung. Dalam berbagai sumber bacaan kependidikan, jarang di jumpai pendapat para ahli tentang pengertian lingkungan pendidikan Islam tersebut . Kecuali lingkungan pendidikan yang dalam praktek sejarah digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pendidikan, Al-Qur’an secara berlangsung maupun tidak langsung menyinggungnya.

B.    Pembahasan
     Pengertian lingkungan pendidikan Islam-  Lingkungan pendidikan Islam adalah lingkungan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri keislaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik. Dalam Al Qur’an memang tidak dijumpai penjelasan rinci mengenai lingkungan pendidikan Islam, kecuali lingkungan pendidikan yang terdapat dalam catatan sejarah, di mana diasumsikan sebagai tempat terselenggaranya pendidikan, seperti masjid, rumah, madrasah, dan universitas. Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bab XII tentang sarana dan prasarana pasal 45 dijelaskan : Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi ftsik, kecerdasan intelektual, social, emosional, dan kejiwaan peserta didik.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pengertian lingkungan secara bahasa adalah daerah atau kawasan yang mempengaruhi pertumbuhan manusia.
, sedangkan Islam adalah agama yg diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. berpedoman pada kitab suci Alquran yg diturunkan ke dunia melalui wahyu Allah Swt.

           Secara umum lingkungan pendidikan Islam adalah tempat dirnana pendidikan Islam diajarkan, sehingga proses pembelajaran menjadi berhasil sesuai dengan tujuan yang dinginkan. Sedangkan pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan dan pengalaman terhadap ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama tertentu.
Fungsi lingkungan pendidikan Islam- Dalam praktek pendidikan Islam yang sebenarnya, bahwa fungsi lingkungan adalah sebagai pendorong keberhasilan terselenggaranya proses pembelajaran. Tidak bisa ditawar lagi jika sudah masuk ke dalam ranah lingkungan. Dalam pepatah dikatakan, pelayan di toko minyak wangi pasti akan terkena harum wewangian walaupun tidak memakai, begitu juga sebaliknya. Artinya apa, lingkungan ini ibarat toko minyak wangi yang bisa saja member efek apapun bagi dunia pendidikan yang berada di lingkungan tersebut, jika baik maka bisa menjadi pendorong terselengaranya proses pendidikan yang baik pula, begitu sebaliknya. Selanjutnya fungsi lingkungan pendidikan menurut Drs., H. Abuddin Nata adalah menunjang, terjadinya proses kegiatan belajar mengajar secara aman, tertib, dan berkelanjutan.
         Lingkungan yang ideal untuk pendidikan Islam- Sebagai sarana tempat terselengaranya pendidikan Islam' yang kondusif, efektif dan strategis untuk memenuhi kebutuhan dalam kependidikan Islam hingga tujuan pendidikan Islam terpenuhi secara maksimal atau berhasil. Kondusif dalam hal ini bahwa lingkungan pendidikan Islam haruslah jauh dari kegiatan-kegiatan yang mempersulit atau bahkan bisa dikatakan memperhambat proses' pendidikan yang berlangsung, sebagai contoh lingkungan pendidikan Islam haruslah jauh dari pabrik-pabrik, tempat-tempat hiburan yang ; tidak bersifat tidak edukatif, pusat-pusat perbelanjaan dan atau tempat keramaian secara umum. Kemudian efektif, tempat berlangsungnya pendidikan Islam mudah terjangkau oleh masyarakat, dari segi jarak, waktu dan biaya, supaya hasil yang maksimal dalam taraf proses pembelajaran


C.    Penutup
Kesimpulan- Dengan dipaparkannya beberapa penjelasan mengenai lingkungan pendidikan Islam diatas, maka penyusun berkesimpulan sebagai berikut:1).  Lingkungan sangat berpengaruh terhadap terselenggaranya proses pendidikan Islam yang sesuai dengan tujuan.2)  Bahwa pendidikan Islam memerlukan lingkungan yang sangat khusus, artinya harus ideal, strategis dan efektif.3). Pondok pesantren yang berdiri di tengah-tengah lingkungan yang Islami merupakan salah satu contoh tempat ideal berlangsungnya proses pendidikan Islam berlangsung.

D.    Daftar Pustaka

Al-Qurian dan Tafsir, Fokus Media, Jakarta, 2010 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2007 Nate, Abuddin Drs, Filsafat Pendidikan Islam, Logos Wacana Ilmu, 1997
Al-Rasyidin, M.A., NizarSamsul, Dr, H, Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat Press, Jakarta, 2005
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah Ri, Jakarta, 2006

KAJIAN FILOSOFIS TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM Reviewed by Kharis Almumtaz on March 14, 2018 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.