Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

PERBANDINGAN ANTARA KURIKULUM KTSP DENGN KURIKULUM 2013

A.    Latar Belakang masalah
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan oleh semua siswa dari jenjang SD sampai SMA. Mata pelajaran bahasa Indonesia ini, juga diujikan pada Ujian Nasional. Pada Kurikulum KTSP, keterampilan berbahasa sudah dapat terlihat langsung pada setiap KD yang ada. Pada Kurikulum 2013 keterampilan berbahasa tidak lagi terihat kmgsung pada setiap KD, tetapi sudah langsung menyatu di dalam KI dan KD.1

Muatan kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Ada beberapa tulisan menyatakan bahwa Kurikulum 2013 masih menggunakan paradigma pemanfaatan bahasa sebagai sarana komunikasi. Pelajaran BI tidak lagi berfungsi menumbuhkan semangat nasionalisme pada siswa. Upaya memprakmatigkan BI tidak dibarengi pemahaman'yang memadai tentang fungsi bahasa sebagai ekspresi individu menyebabkan penyusunan beberapa Kompetensi dasar (KD) terkesan dipaksakan.

Dalam makalah ini akan dibahas mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013, terlebih kedudukannya di Kurikulum 2013 sebagaimana disampaikan oleh Muhammad Nuh dalam harian Kompas tahun 2013, yaitu bahasa sebagai penghela mata pelajaran-mata pelajaran lain.

B. Rumusan Masalah
Pembahasan materi dalam makalah ini kami susun sebagai berikut:
1.Bagaimana perbandingan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013? 
2.Bagaimana kedudukan mata pelajaran bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013?
3.Bagaimana penjabaran mata pelajaran bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013?

BABII
PEMBAHASAN
A. Analisis perbandingan Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi.  Kurikulum ini lahir sebagai jawaban terhadap berbagai kekurangan dalam pendidikan sebelumnya secara khusus dan kekurangan dalam berbagai bidang kehidupan secara umum. Kurikulum ini berupaya untuk mencapai keunggulan masyarakat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan diharapkan dapat membekali warga bangsa dalam memasuki persaingan era globalisasi yang penuh dengan berbagai tantangan.
Berikut ini analisis perbandingan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013:

Struktur Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki alokasi waktu yang paling besar dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Jika dibandingkan dengan Kurikulum KTSP alokasi waktunya juga lebih banyak. Hal ini menunjukkan bahwa dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia masih dianggap penting. 

3. Baik pada KTSP maupun nada Kurikulum 2013 teks disajikan sebagai butir- butir yang dicantumkan dalam KD. Hanya saja, pada Kurikulum 2013 dibedakan antara KD yang berhubungan dengan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

4.    Pada KTSP masih banyak dijumpai KD yang disusmTtidak berbasis teks, tetapi disusun berdasarkan pendekatan struktural, mis^n^ruiiiusanTCS^eias I semester 1 berikut. KD 3.1: “Membaca nyaring suku kata, kata dengan lafal yang tepat” dan KD 3.2: “Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat”. Kedua rumusan KD ini mencerminkan pembelajaran kompetensi berbahasa tulis yang bersifat struktural, dari kemampuan melafalkan unsur bahasa yang terkecil: suku kata, meningkat ke pelafalan kata, dan diteruskan ke pelafalan kalimat, bahkan sampai ke teks (cermati KD kelas II, semester 2, butir 7.1: “Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan ititonasi yang tepat”.

5.    Kurikulum 2013 dan KTSP, khusus untuk pembelajaran bahasa Indonesia,meskipun memiliki kesamaan, yaitu sama-sama bersifat tematik, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Sifat tematik pada Kurikulum 2013 diwujudkan secara terintegratif, sedangkan pada KTSP belum bersifat terintegratif. KD-KD pada Kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar dan MI diikat oleh tema, sehingga yang ada bukan buku per mata pelajaran, tetapi buku per tema.

6.    Adapun pada KTSP KD-KD setiap pelajaran disajikan dalam bentuk buku mata pelajaran tersendiri, sehingga dikenal buku pelajaran bahasa Indonesia yang terpisah dengan buku matematika, IPS, IPA, Agama, PPKn dan seterusnya.   

B.    Kedudukan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum
2013

Dalam Kurikulum 2013 jenjang SD, mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat strategis. Peran mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi dominan, yaitu sebagai saluran yang mengantarkan kandungan materi dari semua sumber kompetensi kepada siswa. Mata pelajaran bahasa Indonesia ditempatkan sebagai penghela mata pelajaran lain. Dengan perkataan lain,

kandungan materi mata pelajaran lain dijadikan sebagai konteks dalam penggunaan jenis teks yang sesuai dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.3
Organisasi konten Kompetensi Dasar merupakan mindset kurikulum 2013 yang perlu diketahui. Jika kita hanya memperhatikan struktur kurikulum, tidak muc.ah untuk menelusurinya. Ada dua hal yang perlu dipahami setiap membaca struktur kurikulum 2013 pada semua jenjang yaitu adanya pelajaran penghela dan strategi pembelajarannya.

Untuk memudahkan pemahaman, marilah kita perhatikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), keduanya baru muneul di kelas IV-VI, sedangkan di kelas I-III belum diluncurkan. Mindset yang perlu diketahui dari fakta ini adalah bahwa materi IPA dan IPS harus tetap diajarkan, tetapi dengan cara diintegrasikan pada mata pelajaran lain. Mata pelajaran yang dijadikan induk adalah PKN dan bahasa Indonesia dalam bahasa gaul kurikulum 2013 PKN dan bahasa Indonesia disebut mata pelajaran “penghela” bagi mata pelajaran lainnya yaitu IPA dan IPS. Kemasan Kompetensi Dasar IPA dan IPS digabung melalui pendekatan tematik.4

Kompetensi Dasar IPS/IPA
KDI   
KD 2....
KD 3   
KDn.


Agar lebih jelas, hal ini dapat dicermati pada contoh rumusan KD berikut ini: “Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya”. Dalam rumusan KD ini, tampak jelas bahwa materi IPA dipakai dalam teks laporan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia lebih bersifat kontekstual jika dibandingkan dengan kurikulum lama. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual, siswa dilatih untuk menyajikan bermacam kompetensi secara logis dan sistematis.

Dalam kurikulum lama, khusunya di kelas tinggi SD peran mata pelajaran bahasa Indonesia diakui memang kurang tampak. Mata pelajaran bahasa Indonesia lebih sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri dan bahkan dapat dikatakan tidak memiliki hubungan dengan mata pelajaran lain. Dalam konteks ini, pembelajaran bahasa Indonesia cenderung hanya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia itu sendiri, tidak untuk tujuan yang lebih luas dan penting, yakni menghantarkan siswa untuk memahami mata pelajaran-mata pelajaran lain, apalagi untuk suatu tujuan yang lebih luas lagi, yakni menggunakannya untuk berbagai keperluan dalam lapangan kehidupan setiap hari. Sederhananya, siswa belajar penggunaan tanda baca, huruf kapital, kata baku, dan semacamnya dalam bahasa Indonesia hanya untuk lulus ujian bahasa Indonesia itu sendiri; namun kesadaran dan kebiasaan untuk menggunakan apa yang telah dipelajarinya itu ketika mengerjakan tugas pada mata pelajaran lain belum tampak. Banyak hal terjadi bahwa siswa memiliki nilai bahasa Indonesia yang tinggi; namun belum terampil dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Menurut Abidin, dalam konteks persekolahan, bahasa digunakan siswa bukan hanya untuk kepentingan pembelajaran bahasa, melainkan untuk mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan yang dibelajarkan di sekolah. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa harus harmonis, bermutu, dan bermartabat. Harmonis berarti guru dan siswa bekerja secara efektif sesuai dengan peran masing-masing. Di sini guru berperan sebagai mediator, fasilitator, motivator, dan semacamnya; siswa berperan sebagai subyek aktif yang membentuk keterampilan dan pengalaman berlandaskan kinerja konstmktivis. Bermutu berarti pembelajaran
berorientasi pada pencapaian tujuan utama sambil tetap memperhatikan secara cermat dampak pengiring melalui penggunaan prinsip, pendekatan/strategi, metode, dan teknik yang memadai. Bermartabat berarti pembelajaran mencerminkan nilai-nilai sosiokultural yang melingkupi kehidupan siswa.
Dalam Kurikulum 2013, seperti disinggung dalam uraian sebelumnya, bahasa Indonesia dijadikan sebagai penghela mata pelajaran lain. Inovasi ini diperkuat oleh penggunaan pembelajaran tematik-integratif.

C.    Penjabaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 berkaitan dengan perubahan pada SKL, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi. Dalam Kurikulum 2013, SKL diterjemahkan atau dioperasionalisasikan melalui Kompetensi Inti (KI). KI mencakup empat hal, yakni 1) KI yang berkaitan dengan aspek sikap spiritual/KI 1; 2) KI yang berkaitan dengan aspek sikap sosial/KI 2; 3) KI yang berkaitan dengan aspek pengetahuan/KI 3, dan 4) KI yang berkaitan dengan aspek keterampilan/KI 4. Semua KI yang merupakan penjabaran dari SKL tersebut menjadi rujukan utama bagi pembelajaran.

Selanjutnya, KI dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Dasar (KD). KD adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didhe.  KD tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu. Selaras dengan prinsip ini, di dalam proses pembelajaran digunakan pendekatan tematik integratif.

Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.8 Selain itu, pembelajaran tematik integratif adalah pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran yang mewujud dalam penekanan aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran.

1. Kompetensi Inti Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013
K1 ibarat anak tangga yang harus dilalui siswa untuk sampai pada SKL.9 K1 tidak untuk diajarkan, tetapi untuk dibentuk melalui berbagai tahapan proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang relevan. KI juga merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan melalui pembelajaran dalam setiap mata pelajaran baik pada kelas yang sama maupun pada kelas yang berbeda sehingga berperan sebagai integrator horizontal dan vertikal. KI bebas dari mata pelajaran tertentu yang merupakan kebutuhan kompetensi siswa, sedangkan mata pelajaran adalah pemasok KD yang harus dipahami dan dimiliki siswa melalui proses pembelajaran yang sesuai menjadi KI.

Pada bagian berikut ini ditampilkan KI mapel Bindo SD. KI mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditampilkan di sini hanya untuk kelas I dan IV SD.
Tabel 1.
KI Mapel Bindo Kelas I SD.10
KI Mapel Bindo Kelas I SD

Aspek KI Rumusan KI
Aspek Sikap Spiritual   
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 1    .
Aspek Sikap Sosial   
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, 1 peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan | keluarga, teman, dan guru.

Aspek
Pengetahuan   
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

Aspek
Keterampilan   
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Tabel 2
KJ Mapel Bindo Kelas IV SD.11
KJ Mapel Bindo Kelas I SD
Aspek KI    Rumusan Kl
Aspek Sikap Spiritual
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Aspek Sikap Sosial   
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

Aspek
Pengetahuan   
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

Aspek
Keterampilan   
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan 1 berakhlak mulia

2. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Pada bagian berikut ini ditampilkan KD mata pelajaran bahasa Indonesia SD. KD yang ditampilkan di sini hanya untuk kelas I dan IV SD.

Tabel 3
KD Mapel Bindo Kls I SD (Sumber: Permendikbud No. 67 Tahun 2013)
KD Mapel Bindo Kelas I SD
KI    KD
KU   
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar

KI 2   
a.Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
b.Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
c.Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
d.Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
e. Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Lidonesia dan/atau bahasa daerah

KJ 3   
3.1Mengenai teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4MengenaJ teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

KI4   
4.1Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3    Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4    Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5    Membuat teks diagram/Iabel tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Tabel 4
KD Mapel Bindo Kls IV SD (Sumber: Permendikbud No. 67 Thn 2013)
KD Mapel Bindo Kelas IV SD
KI    KD
KI1   
1.1Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi mouern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi/ serta permasalahan social
KI 2   
2.1Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bumi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modem dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

03   
3.1Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modem dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5Menggali mformasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis d mgan memilih dan memilah kosakata baku

KI4   
4.1Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekeijaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

BAB V
KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa:
1.Perbandingan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 meliputi: Struktur
Kurikulum, Penyajian butir- butir KD dan pembelajaran

2.Dalam Kurikulum 2013 jenjang SD, mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat strategis, yaitu sebagai saluran yang mengantarkan kandungan materi dari semua sumber kompetensi kepada siswa. Mata pelajaran bahasa Indonesia ditempatkan sebagai penghela mata pelajaran lain.

3.Penjabaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD dalam Kurikulum 2013, SKL diterjemahkan atau dioperasionalisasikan melalui Kompetensi Inti (KI). KI mencakup empat hal, yakni 1) KI yang berkaitan dengan aspek sikap spiritual/KI 1; 2) KI yang berkaitan dengan aspek sikap sosial/KI 2; 3) KI yang berkaitan dengan aspek pengetahuan/KI 3, dan 4) KI yang berkaitan dengan aspek keterampilan/KI 4. Semua KI yang merupakan penjabaran dari SKL tersebut menjadi rujukan utama bagi pembelajaran. Selanjutnya, KI dijabarkan dalaj n bentuk Kompetensi Dasar (KD).

 DAFTAR PUSTAKA

Abidin Yunus, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama, 2012.
Ahmad Yani JAindset Kurikulum 2013 Alfabeta, Bandung, 2013
H. E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Kemdikbud, Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar SD/MI, Jakarta: Kemdikbud, 2013.
Muhammad Nuh, Kurikulum 2013,     : Kompas.com, 2013 dalam
http://edukasi.kompas.com/ready2013/03/08/08205286/Kurikuluni.2013 (diakses hari Selasa, 24 Februari 2015, pukul 09.00 WIB).
Suhertuti, Ketidakseimbangan Materi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013 (dalam Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013), Jakarta: UNJ, 2013.


PERBANDINGAN ANTARA KURIKULUM KTSP DENGN KURIKULUM 2013 Reviewed by Kharis Almumtaz on May 01, 2020 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.