Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

5 Faktor Penting yang Sangat Mempengaruhi Kedisiplinan


5 Faktor Penting yang Sangat Mempengaruhi Kedisiplinan

5 Faktor Penting yang Sangat Mempengaruhi Kedisiplinan
almumtaz.wiki- Setiap manusia mempunyai tingkat kedisiplinan yang berbeda-beda. Terdapat manusia dengan tingkat kedisiplinan tinggi, sedang, maupun rendah. Unaradjan (2003: 27-31) menyebutkan bahwa disiplin sangat dipengaruhi oleh dua faktor.

a.Faktor Intern
Faktor intern merupakan unsur yang berasal dari dalam diri manusia. Keadaan fisik dan psikis merupakan aspek yang mempengaruhi pembentukan disiplin diri.
  • Keadaan Fisik
Individu yang sehat secara fisik akan dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Fisik yang sehat akan meningkatkan kesadaran diri sehingga individu akan mentaati peraturan secara bertanggung jawab.
  • Keadaan Psikis
Keadaan fisik mempunyai kaitan dengan keadaan psikis individu. Penghayatan norma keluarga dan masyarakat dapat dilakukan bagi individu yang sehat secara psikis atau mental. Terdapat beberapa sifat yang dapat menjadi penghalang pembentukan disiplin diri, yaitu perfeksionisme dan perasaan rendah diri.
b.Faktor-Faktor Ekstern
Faktor ekstern yang dimaksud adalam unsur yang berasal dari luar pribadi. Unsur tersebut meliputi keadaan keluarga, keadaan sekolah, dan keadaan masyarakat.
  • Keadaan Keluarga
Keadaan keluarga sangat berperan terhadap perkembangan pribadi anak serta faktor pendukung atau penghambat dalam pembinaan disiplin. Keluarga yang baik adalah keluarga yang menerapkan dan menghayati norma moral dan agama dalam mengasuh anak. Orang tua berperan penting dalam menanamkan disiplin dalam keluarga. Orang tua tidak hanya mengajarkan disiplin, namun juga memberikan contoh yang baik sebagai teladan bagi anak.
  • Sekolah
Penanaman disiplin di sekolah bergantung dengan ada tidaknya sarana dan prasarana yang mendukung. Contoh pihak pendukung perkembangan disiplin anak yaitu guru. Guru yang dapat membina kedisiplinan anak secara umum harus memiliki aspek kualifikasi personal dan profesional.
  • Masyarakat
Masyarakat merupakan lingkungan yang lebih luar daripada keluarga dan sekolah. Disiplin diri sulit terbentuk dalam masyarakat yang menekankan ketaatan utuh serta loyalitas penuh terhadap atasan atau pemimpin.
  demikian 5 faktor yang sangat berpengaruh dalam kedisiplinanTerimakasih sudah berkunjung di situs kami. seoga bermanfaat. amiin almumtaz.wiki
5 Faktor Penting yang Sangat Mempengaruhi Kedisiplinan Reviewed by Kharis Almumtaz on September 12, 2018 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.