Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Kekutan dan Peran Agama di Indonesia

Kekutan dan Peran Agama di Indonesia
https://kharislalmumtaz.blogspot.com/2020/05/kekutan-dan-peran-agama-di-indonesia.html


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultural, yang memiliki berbagai macam suku, budaya, bahasa dan agama. Indonesia hanya mengakui dan menerima  enam agama saja yaitu islam, hindu, budha, katolik, protestan dan konghucu. Setiap individu memiliki kewajiban untuk mengikuti salah satu agama tersebut dengan tanpa adanya paksaan dan diberi kebebasan untuk memilih agama dan kepercayaan yang ingin dianutnya.

Hal ini tertuang dalam perundang-undangan utama bangsa Indonesia yaitu UUD 1945, bahwa negara menjamin kebebasan untuk menganut agama dan adanya kebebasan seluas-luasnya bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memilih dan menganut agama sesuai dengan yang dianggapnya benar.


Di dalam proses kehidupan, baik tidaknya perilaku setiap individu itu sesuai dengan seberapa taat ia pada agamanya. Masing-masing agama berperan untuk mengatur kehidupan manusia, mengarahkan dan bertujuan hanya kepada sesuatu yang baik. Di dalam agama juga diatur  tentang bagaimana cara yang baik dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia yang lain. Seperti tolong menolong (dikenal dengan istilah ta'awun dalam islam), toleransi, berlaku adil dll.


Perbedaan agama tidak dapat menjadi alasan untuk saling tidak menghormati antar umat beragama. Hal tersebut disampaikan oleh Al-Habib Umar bin Hafidz dalam dialog peradaban lintas agama Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Atas Dasar Rahmat Kemanusiaan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu(13/10).

Setiap manusia memiliki tugas untuk menjaga kestabilitas kehidupan bermasyarakat dengan menjauhkan diri dari permusuhan dan menjaga perdamaian. Dengan terwujudnya perdamaian ini maka akan tercipta keamanan dalam masyarakat dan membawa kebaikan kepada semuanya.
Agama memiliki peran dan kekuatan yang sangat penting bagi persatuan bangsa Indonesia.

Agama berperan untuk mempersatukan bangsa yaitu dengan merangkul seluruh perbedaan yang ada, merangkul seluruh agama untuk menjadikan bangsa ini lebih maju dan sejahtera.

Tidak mementingkan kepentingan umatnya saja namun juga demi kebaikan dan kepentingan bangsa Indonesia. Dengan banyaknya perbedaan agama yang ada, seluruh umat beragama wajib meyakini bahwa agama merupakan anugerah dari Tuhan yang bertujuan baik yaitu untuk membimbing  dan mengarahkan manusia  kepada kehidupan yang baik.

Masing-masing agama memiliki peranan penting dalam menciptakan persatuan dan perdamaian. Karena agama memiliki ajaran untuk menuntut umatnya agar selalu berbuat kebaikan, baik dengan Penciptanya maupun dengan sesama manusia lainnya.

Demi terwujudnya kesatuan dan perdamaian ini, kita harus berupaya untuk mengajak manusia berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi terhadap orang sekitar dengan tidak berbuat anarkis  atau hal lainnya yang menyebabkan perpecahan  dan membahayakan keutuhan bangsa Indonesia.
SUMBER:https://www.kompasiana.com/shintarahayu/5e7463f865eaa1329071b192/kekuatan-dan-peran-agama-di-indonesia
Kekutan dan Peran Agama di Indonesia Reviewed by Kharis Almumtaz on May 02, 2020 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.