Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

CARA MENDIDIK HATI AGAR TETAP DALAM RIDZO ALLAH

https://kharislalmumtaz.blogspot.com/2020/05/mendidik-hati.html

Sahabat Mumtaz, hari ini sudah memasuki puasa yang ke 12 bagaimana kadar keimanan? apakah masih menjalankan ibadah tarwih setelah sholat isya'?  walaupun ditengah pendemi covid-19 yang notabene untuk sementara waktu tidak bisa sholat berjamaah di masjid. Penting kiranya kita memanfaatkan waktu yang stay at home ini dengan hal-hal yang berfaedah untuk menambah keimanan kita di bulan ramadhan tahun ini.
Hal apa yang harus kita lakukan, diantaranya bisa merujuk dari kutipan hadist dan Al Qur'an sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benarnya takwa kepada-Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan Islam.” (Ali Imran: 102)

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya, dan daripada keduanya Allah mengembangbiakkan lelaki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (menggunakan) nama-Nya kami saling meminta satu sama lain,  dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (An-Nisa: 1)

1. Memperdalam Keagungan Allah SWT dan Implementasinya
Al Quran dan Sunnah banyak sekali mengungkap keagungan Allah swt. Seorang muslim yang ketika dihadapkan dengan keagungan Allah, hatinya akan bergetar dan jiwanya akan tunduk. Kekhusukan akan hadir mengisi relung-relung hatinya. Dibulan ramadhan yang berbarengan dengan wabah penyakit yang luar biasa kali ini, bisa jadi Allah sedang menegur kita untuk lebih khusyu' beribadah, bersujud, dan bershodaqoh agar wabah penyakit covid-19 segera hilang.

2. Perbanyak Amalan Hati
Hati akan hidup jika ada rasa mencintai Allah, takut kepada-Nya, berharap bertemu dengan-Nya, berbaik sangka dan ridha dengan semua takdir yang ditetapkan-Nya. Hati juga akan penuh dengan iman jika diisi dengan perasaan syukur dan taubat kepada-Nya. Amalan-amalan hati seperti itu akan menghadirkan rasa khusyuk, zuhud, wara’, dan mawas diri. Inilah halawatul iman (manisnya iman).

3. Ingat Mati
Rasulullah SAW juga bersabda, “Banyak-banyaklah mengingat penebas kelezatan-kelezatan, yakni kematian.” (Tirmidzi no. 230)
Mengingat-ingat mati bisa mendorong kita untuk menghindari diri dari berbuat durhaka kepada Allah. Dan dapat melunakkan hati kita yang keras. Karena itu Rasulullah menganjurkan kepada kita, “Kunjungilah orang sakit dan iringilah jenazah, niscaya akan mengingatkanmu terhadap hari akhirat.” (Shahihul Jami’ no. 4109).
Secara otomatis jiwa akan selalu bertindak baik, malu akan berbuat dosa, berpikir berkali-kali kalau akan mengambil tindakan atau keputusan. Karena hakikatnya kita hidup di dunia tidak lama. Jadi akhiratlah tujuan kita sesungguhnya.

4. Berdo'a Kepada Allah SWT agar diberikan ketetapan iman
Memperbanyak doa. Sebab, doa adalah kekuatan yang luar biasa yang dimiliki seorang hamba. Rasulullah saw. berwasiat, “Iman itu dijadikan didalam diri salah seorang diantara kamu  bagaikan pakaian yang dijadikan, maka memohonlah kepada Allah agar Dia memperbaharui iman di dalam hatimu.”
Ya Allah, perbaharuilah iman yang ada di dalam dada kami. Tetapkanlah hati kami dalam taat kepadamu. Tidak ada daya dan upaya kami kecuali dengan pertolonganMu.


Waallahualam
CARA MENDIDIK HATI AGAR TETAP DALAM RIDZO ALLAH Reviewed by Ervinha Blog's on May 05, 2020 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.