Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Perubahan Penggunaan Bahasa Jawa pada Era Milenial

Perubahan Penggunaan Bahasa Jawa pada Era Milenial 
https://kharislalmumtaz.blogspot.com/2020/05/perubahan-penggunaan-bahasa-jawa-pada.html


Pulau jawa identik dengan berbagai macam ragam tradisi dan kebudayaannya. Adapun tradisi yang ada di pulau jawa di antaranya seperti tradisi Ngapati ( empat bulanan seseorang wanita jawa mengandung janin ) selanjutnya ada pula tradisi Mitoni ( tuju bulan seorang wanita jawa mengandung janin ) setelah bayi di lahirkan didalam tradisi jawa juga ada prosesi Kenduren atau walimatuttasniah dalam bahasa arab memiliki arti member nama bagi jabang bayi yang telah di lahirkan.

Pulau jawa selain terkenal akan tradisi yang ada juga memiliki kebiasaan masyarakat dengan kehalusan tutur bahasa yang di ucapkan serta menggunakan dialektika yang lembut di bandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Dalam penggunaan bahasa jawa ini juga memiliki aturan-aturan tersendiri di dalam penggunaannya, mulai dara bahasa ngoko, bahasa krama alus dan hahasa krama inggil. Bahasa ngoko biasanya di gunakan untuk orang yang di rasa setara dan sudah bergaul cukup lama, misalnya seperti saya dengan teman sebaya yang sering berkumpul di lingkungan rumah dan terbiasa berbincang-bincang menggunakan bahasa ngoko.

Untuk penggunaan krama alus biasanya di gunakan kepada orang yang lebih tua dari kita, contohnya seperti kita terhadap kakak kelas atau kepada tetangga yang lebih tua dari kita. Kemudian ada krama inggil yakni bahasa jawa yang di gunakan kepada seseorang yang di segani dan di hormati kedudukan sosialnya di masyarakat, namun bahasa krama inggil ini banyak yang jarang lancar dalam penggunaannya, sehingga banyak orang jawa menggunakan bahasa krama alus di mix dengan bahasa krama inggil untuk berkomunikasi dengan seseorang yang di segani dan di hormati kedudukan sosialnya. Untuk penggunaan bahasa krama inggil ini biasanya yang lancer menggunakan hanyalah orang yang telah terlatih pembahasaan krama jawa seperti seorang Pranotocoro ( Penata acara dalam acara nikahan adat jawa ). Ada pembelajaran tersendiri bagi spesialis pranotocoro ini seperti ada pengajaran di dalam sekolah seperti perkuliahan serta untuk mencapai keklulusan ada standarisasi seperti layaknya sekolah formal.

Penggunaan bahasa jawa pada masa saat ini saya rasa telah mengalami pergeseran seiring berjalannya waktu, bisa di lihat dengan banyak anak muda  di jawa yang berkomunikasi tidak dengan menggunakan tata cara adat jawa atau tidak menggunakan unggah ungguhnya kalo berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, mereka menganggapnya sama, di pukul rata dengan bahasa ngoko, pada halnya ini di pandang tidak baik oleh masyarakat jawa karena di anggap tidak menghormati orang tua. Dari hal itulah dilihat perubahan yang sangat siknifikan dalam penggunaan bahasa jawa di dalam kehidupan masyarakat jawa. Dari hal tersebur anak muda merasa sulit untuk menggunakan bahasa jawa karena di rasa lebih mudah dengan menggunakan bahasa formal bahasa Indonesia yang menyebabkan terkikisnya budaya bahasa jawa asli dan biasa di sebut oleh orang jawa " Wong Jowo Ilang Jowone " .
Perubahan Penggunaan Bahasa Jawa pada Era Milenial Reviewed by Kharis Almumtaz on May 02, 2020 Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Kharis Mujahada

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.